Trip to Kuala Lumpur

Selama 2 bulan tinggal di Pulang Pinang Malaysia untuk study di University Sains Malaysia, sudah ada beberapa tempat wisata yang saya kunjungi. Kali ini saya akan menceritakan perjalanan saya selama 2 hari 1 malam ke Selangor, Putra Jaya dan Kuala Lumpur. Partner saya untuk liburan selama mid break ini adalah Pita, dia adalah mahasiswi FEB universitas Gadjah Mada.

Gw dan Pita berangkat hari senin jam 1 malam menggunakan bus dari Terminal Butterwort, karena tempat tujuan pertama yang akan di kunjungi Batu Caves tepatnya di Selangor, maka kita harus menempuh perjalanan sekitar 5 jam dan turun di terminal Duta. Bus yang kita tumpangi adalah bus tingkat dan yang membuat perjalanan tidak terasa karena kursinya yang sangat nyaman sehingga kita tidur didalam bus pun tidak terasa. Biayanya sekitar 38RM karena kita punya kartu magic alias student card maka kita mendapat potongan sebesar 10% jadi kita cukup membayar 34RM, lumayan lah ya buat beli nasi lemak.hehehe

Kita sampai di Duta sekitar pukul 5 pagi, langsung cari surau (masjid) untuk bersih-bersih dan solat subuh. Setelah solat kita sarapan di terminal duta, dan ketemu sama penjual dari Indonesia, yang ternyata dulunya dia seorang mahasiswa tetapi karena factor ekonomi jadi harus berhenti dan memilih merantau ke negri seberang karena alasan mencari pekerjaan di daerahnya sulit. Tetap semangat ya bang, semoga Allah memudahkan setiap usaha yang dilakukan. Amiinnn

Ok setelah sarapan kita pesen grab car, kenapa pake grab car? Karena praktis dan harganya juga jelas, gk bakalan yang namanya tersesat dan langsung sampe tempat tujuan, dan yang pasti berasa kayak punya supir pribadi.hehehe…oh iya selama gw di Malaysia, gw sangat bergantung banget sama transportasi online yang satu ini, dan kerennya mobil yang gw dapet keren-keren coyyyy, dan hampir selalu mobil sedan.

Balik lagi ke perjalanan. Oh iya karena mumpung di Selangor, gw sekalian mampir ke istana Negara Malaysia sebelum ke Batu Caves. Tapi sayangnya pengunjung gak boleh masuk kedalam istana jadi Cuma bisa foto-foto didepan gerbangnya.

Udah puas foto-fotonya, kita lanjut deh perjalanan ke Batu Caves. Lagi-lagi kita kesana dengan naik grab car. Sebenarnya ada bus yang bisa kesana tapi karena kita bagpakeran abal-abal jadi info perjalanan yang kita punya sangat minim banget, jadi ibarat kata ngambil gampangnya aja.hehe.. jarak dari istana negara ke Batu caves ternyata lumayan jauh, kitapun harus membayar sekitar 16RM
Tapi pas udah sampe Batu Caves, rasanya seneng banget. Gak pernah nyangka bisa ketempat ini. Kedatangan kita langsung disambut dengan patung emas yang sangat besar, dan patung inilah yang menjadi icon dari Batu Caves yakni Patung Murugan.

Selain itu kita juga bisa naik keatas gua dengan melewati 272 anak tangga. Waktu kesana Batu caves sendiri sedang melakukan pembangunan jadi setiap wisatawan yang berkunjung dan mau naik keatas harus membawa 1 ember kecil batu krikil sebagai wujud partisipasi. Gw punya pengalaman cukup gk enak sewaktu naik keatas sana, ternyata selama di perjalanan naik tangga disekelilingya banyak monyet. Tas ransel yang gw bawa, gw selipin botol susu dan air mineral dikantong kanan kirinya, inilah yang membuat gw menjadi inceran para monyet nakal diatas sana. Ketakutan gw semakin bertambah saat gw diserang sama monyet-monyet itu dari belakang, ada yang naik ke tas gw dan ada yang naik kepundak gw, reaksi gw cuma bisa teriak ketakutan sedangkan temen gw kakinya di gelantungin sama monyet. Wisatawan yang ada dideket gw cuma bisa ketawa dan ada bapak-bapak orang india yang ngasih tau gw kalau botol susu yang gw bawa mancing kehadiran tu monyet, karena ketakutan dan kita juga gak ngerti apa yang dimaksud sama bapknya, dengan reflek Pita langsung ambil botol susu gw dan ngasihin gitu aja ke monyetnya, dan kerennya tu monyet bisa buka tutup botol susu gw dan langsung diabisin gitu aja. Si bapak pun cuma tertawa ternyata maksudnya kita disuruh memasukkan semua makanan atau minuman kedalam tas agar gak memancing kehadiran monyet-monyet itu. Yaaa jadi pengalaman aja ya kawan, harus berhati-hati.hehehe..

Udah mau sampe atas gw sama pita memutuskan untuk turun karena udah ketakutan sama monyet-monyetnya.hehehe…. dan next kepatung berikutnya yang masih dilokasi yang sama. Tapi sebelumnya gw sama pita beli es kelapa muda seharga 5RM, karena dsana banyak penjual oleh-oleh akhirnya gw sama pita tergoda untuk membelinya. Kita pun membeli pajangan batu caves seharga 12RM dari harga sebelumnya 25RM. Pinter-pinter nawar ya gengs, mau dinegara mana aja tetep jiwa tawar menawar harus ada.hehhe

Nah ini dia patung berikutnya yaitu Hanoman, posisi patung ini terletak di sebelah kiri dari patung utama tadi. Dekat bangunan hijau itu ada loket penjualan tiket untuk masuk kedalam gua, harga tiketnya 5RM, dan didalamnya banyak patung-patung. Di batu caves ini memang tempat ibadah tapi buat kita yang lain agama tidak masalah karena tempat ini memang sudah dibuka sebagai tempat wisata, selama berkunjung kesana jangan lupa untuk menjaga ketertiban dan tidak mengganggu orang-orang yang sedang beribadah disana yaaa. Oh iya didepan pintu gua ada 1 patung besar lagi yakni patung Ramayana. Di dalam gua sendiri mempunyai suasana yang sejuk dan agak sedikit bau kotoran kelelawar. Tapi gak terlalu mengganggu karena gw sendiri terlalu focus foto-fotoin setiap patung yang ada didalamnya.hehehe..

Sudah menjelajah semua yang ada di batu caves, kita lanjut ke putra jaya tujuannya kita akan ke masjid putra atau disebut juga pink mosque. Dari batu caves ke putra jaya kita naik KTM (kereta) dengan membayar 2,5RM. Stasiunnya pun ada didekat dengan patung hanoman jadi kita tinggal jalan kaki sedikit. Waktu menuju stasiun gw ngelirik tukang henna, akhirnya gw sama pita berenti dan ikutan ngehenna tangan, dan lagi-lagi kita keluarkan jurus tawar menawar, akhirnya jadi deh. Harga 10RM dari 20RM.hehehe..harga ini disesuikan dengan tingkat kesulitan gambarnya.

Tadi kan harga tiket Cuma 2,5RM ternyata tidak langsung sampai ke putra jaya, tapi hanya sampai ke KL sentral, dari KL sentral kita harus sambung kereta lagi. Tiket kereta dari KL sentral ini yang cukup mahal sekitar 14RM. Perjalanan dari KL sentral ke putra jaya tidak terlalu lama sekitar 20 menit. Sampai di putra jaya kita order grab lagi langsung ke masjid putra. Sampai di masjid putra, gw langsung buru-buru kedalam karena mengejar waktu solat zuhur. Jadi buat foto-foto udah gak kepikiran dulu.hehe..ternyata untuk masuk kedalam bagi perempuan yang memekai celana atau bukan rok harus memakai jubbah berwarna merah maroon dengan alasan tidak boleh memperlihatkan bentuk lekuk tubuh. Jadi selama didalam area masjid kita harus selalu menggunakan jubbah tersebut. Laki-laki pun sama tapi ini hanya berlaku untuk wisatawan yang tidak solat. Masjid pink mosque ini sangatlah indah, arsitekturnya yang sangat megah dan masjidnya pun bersih sekali begitu juga dengan toiletnya. Diluar masjid putra ada bangunan seperti masjid tetapi sbenarnya itu bukan masjid melainkan gedung perdana mentri malaysia.

Awan mulai bendung selesai foto-foto kita langsung order grab lagi untuk ke stasiun dengan biaya yang sama sampai di KL sentral kita keliling sebentar di mallnya. Yang namanya mall mau dimana saja ya sama saja gak ada bedanya, yang membedakan hanya kondisi dompet pada saat berkunjung.hehehe
Berhubung kita sampai di KL sentral tepat pada jam pulang kerja jadi stasiunnya rame banget, meskipun rame tapi entah kenapa gw menikmatinya dan malah seneng.hehehe..

Capek keliling mall, akhirnya kita order grab car lagi untuk ke petaling atau kawasan china town di kuala lumpur. Kita langsung cari hotel yang udah kita order  sebelumnya di traveloka. Karena kita Cuma 1 malam jadi kita cari hotel yang murah dan kita dapet kamar yang isinya 6 orang tapi kasur sendiri-sendiri, permalamnya sekitar 14RM, kalau yang mau bagpackeran harga segini memang udah paling pas deh. Setelah kita keliling didalam petaling akhirnya ketemu juga hotelnya, tapi ternyata diluar ekspektasi, baru sampe depan gerbangnya gw memutuskan untuk mengcancel dan gak jadi tidur disitu, akhirnya uang DP hotel kita ikhlasin dan mendingan gw cari hotel lain yang mahal sedikit tapi aman dan bersih. Akhirnya keliling lagi kita dapet hotel yang 1 kamar dapet 2 kasur, AC, TV, dan kamar mandi dalem, hargnya memang beda jauh dengan yang pertama yaitu 40RM untuk perorangnya. Langsung gw iyain aja daripada tinggal ditempat sebelumnya. Dan Alhamdulillah pas masuk kamar, nyaman banget untuk istirahat. Karena kita laper dan kehabisan uang jadi setelah bersih-bersih kita jalan-jalan keluar untuk cari ATM dan cari makan, gak sulit ko cari makan di petaling tapi bagi yang muslin sebaiknya lebih selektif karena kawasan ini didominasi dengan orang cina dan umumnya makanannya tidak halal. Setelah makan, gw keliling-keliling sama pita untuk belanja oleh-oleh, banyak yang bilang harga di petaling murah-murah, dan ternyata benar harganya memang murah itupun masih bisa ditawar lagi. Gw akhirnya beli gantungan kunci 18 pcs seharga 18RM dan pajangan menara petronas yang cukup besar hanya 30RM dari harga awal 60RM. Berhubung badget tipis jadi beli secukupnya aja.hehehe…oh iya suasana dipetaling ini mirip pasar malam dan petaling cuma buka malam hari dan sampai jam 11 malam, dipetaling lebih banyak didominasi sama penjual tas. Akhirnya gw kepincut juga untuk membeli 1 tas seharga 50RM itupun pake jurus nawar lagi dari harga sebelumnya 85RM. Antara nawar sama maksa, karena abangnya udah pusing jadi dikasih aja mungkin.hehehe…

Selesai aktivitas hari ini, gw balik ke hotel dan tidur. Keesokan harinya setelah solat subuh kita langsung berangkat lagi ke KL tower. Karena masih terlalu pagi jadi KL tower belum dibuka, toh kalau dibuka pun kita gak bakal naik keatas karena mahal banget sekitar 105RM. Jadi kita Cuma foto-foto aja didepannya. Yang penting judulnya pernah kesana.hehe
Lanjut lagi dari KL tower kita naik Grab Car ke menara petronas. Ini nih tempat yang gw tunggu-tunggu. Sebenarnya dari KL tower ke menara petronas gak terlalu jauh karena macetnya minta diampunin jadinya lama nyampenya. Kuala lumpur mirip sama Jakarta. Kalau lama-kelamaan bikin penat juga, jadi masih enak di penang deh pokoknya.

Sampai di menara petronas kita foto-foto di taman KLCC, amazing banget deh perasaan gw sekarang bisa liat menara petronas didepan mata. Gak pernah nyangka keinginan gw keluar negri bisa tercapai dan gw gak Cuma sehari dua hari tinggal di Negara orang tapi 6 bulan. Gak pernah ada habisnya gw bersyukur sama Allah.  Udah dapet banyak foto dari berbagai macam sudut kita pergi cari makan di sekitaran mall didalam menara petronas. Sambil makan gw sama pita rundingan lagi habis ini kita kemana, lalu keputusannya adalah masjid nasional KL adalah tempat terakhir yang akan kita kunjungi di KL. Dari menara petronas kita order grab car lagi,hehehe…

Selama 2 bulan gw di Malaysia yang gw senengin adalah tempat ibadahnya yang sangat bagus dan tentunya terjaga kebersihannya. Mencari surau/tempat solat dimalaysia pun tidak pernah kesulitan. Dari luar masjid nasional Malaysia ini menurut gw biasa aja, masih luar biasa masjid pink mosque. Tapi pas masuk kedalemnya. Subhanallahhh… gw langsung netesin air mata, entah kenapa gw kehabisan kata-kata sampe terus ngucapin rasa syukur didalam hati. Allah masih mengizinkan langkah gw ketempat yang super mulia ini, menikmati keindahan karya manusia atas kehendak Allah. Mungkin gw menceritakan ini terkesan lebay tapi jujur memang bagus dan atmosfirnya yang membuat gw langsung meneteskan air mata gitu aja. Abis nangis terharu gak mau ketinggalan moment lagi untuk foto. Dari masjid nasional ini kita bisa lihat KL tower dan stasiun KTM yang bangunannya super kece abis. Selesai foto-foto kita pun memutuskan untuk kembali ke penang, dari kuala lumpur kita transit ke terminal bersepadu baru lanjut lagi dengan membeli tiket bus ke penang seharga 38RM, disini kita tidak mendapatkan potongan harga jadi ditarifkan harga normal.
Kita berangkat jam 5 sore dan sampai dipenang sekitar jam 11 malam, mungkin jalur yang ditempuh beda jadi perjalanannya terasa lebih jauh. Tetapi Alhamdulillah kami sampai dengan selamat, bahagia dan lelah di asrama. Tidak pernah menduga hanya bermodalkan google map dan bertanya kepada setiap supir grab yang kita naiki, kita mendapat informasi ketempat-tempat yang mau kita kunjungi.

Selama 2 hari 1 malam berpergian gw kira-kira menghabiskan 250RM, jadi tidak perlu uang banyak tapi kita tetap bisa berlibur. Jujur uang lebih banyak habis untuk ongkos ketimbang beli makanan. Jadi sebaiknya kita membawa bekal roti atau cemilan sendiri jadi lebih irit. Nanti dicerita berikutnya gw akan menceritakan tempat-tempat liburan yang lainnya selama gw di Malaysia. Semoga menginspirasi dan bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komen dan boleh memberi masukannya untuk tulisan saya ini. Ini first time loh nulis di blog.hehehe…see you guys J